Wednesday, February 22, 2017

Model Proses Pemasaran

Kita semua tahu bahwa hampir dalam kehidupan sehari -hari sadar atau tidak, kita telah bersinggungan dengan kegiatan pemasaran. Kita pun sering mendengar istilah pemasaran di lingkungan kita. Lalu, apa sebenarnya pemasaran itu? Apa saja unit kegiatan dalam pemasaran?

Model proses pemasaran berikut ini akan membantu menjawab pertanyaan di atas.

Pemasaran, sederhananya adalah proses membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan menciptakan nilai bagi pelanggan dan menangkap kembali nilai tersebut. 

Terdapat lima langkah dalam proses tersebut. Empat langkah pertama merupakan proses menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan. Langkah ke lima yaitu langkah dalam menangkap nilai dari pelanggan.

Upaya menciptakan nilai pelanggan berawal dari kegiatan riset terhadap kebutuhan pelanggan dan pasar. Selanjutnya, informasi-informasi yang diperoleh dari kegiatan tersebut dikumpulkan dan ditata, untuk kebutuhan dimasa yang akan datang.

Proses selanjutnya yaitu merancang strategi pemasaran berdasarkan dua pertanyaan utama yaitu “konsumen apa yang akan kita layani”?. Pertanyaan ini muncul karena tidak semua kebutuhan pelanggan dapat dilayani oleh perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memusatkan sumber daya mereka untuk melayani pelanggan yang paling memungkinkan untuk dilayani dan pastinya pelanggan yang dapat memberikan keuntungan. Pertanyaan ini membawa peerusahaan untuk melakukan segmentasi dan penetapan target pasar. Pertanyaan kedua yaitu “bagaimana cara terbaik untuk melayani sasaran pelanggan di atas’?. Berdasarkan pertanyaan tersebut, maka perusahaan akan melakukan diferensiasi dan positioning untuk memutuskan nilai apa yang akan diberikan kepada pelanggan.

Setelah membuat strategi pemasaran, langkah selanjutnya dalam pemasaran yaitu membangun program pemasaran yang terintegrasi sehingga mampu mengubah strategi yang ditetapkan hingga menjaddi nilai nyata bagi pelanggan. Pada langkah ini yang harus diperhatikan yaitu elemen-elemen yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran atau ‘marketing mix’. Elemen tersebut secara umum terdiri dari produk (mencakup bagaimana membangun merek yang kuat), menetapkan harga produk, mendistribusikan hingga sampai pada pelanggan dan kemudian merancang program promosi yang dapat mengkomunikasikan nilai produk pada pelanggan sasaran sekaligus membujuk untuk membelinya.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting dari ketiga langkah di atas, yaitu proses membangun hubungan yang menguntungkan dan menciptakan kepuasan pelanggan. Untuk mencapainya perusahaan harus bermitra baik dengan pihak-pihak dalam sistem pemasaran, seperti saluran distribusi, pemasok dan lain-lain. Karena melalui hubungan yang baik tersebut, kepuasan pelanggan dapat tercipta.


Langkah kelima merupakan upaya dalam proses menangkap kembali  nilai pelanggan. Langkah ini merupakan efek lanjut dari ke empat langkah dalam menciptakan nilai pelanggan.  Apabila nilai telah tercapai maka akan menghasilkan pelanggan yang puas dan akan membeli lagi dan lagi. Artinya, hal ini akan membantu perusahaan dalam menangkap nilai pelanggan seumur hidup dan harapannya mampu meraih pangsa pasar yang lebih besar lagi.


Model Proses Pemasaran


**P. Kottler & G. Armstrong


No comments:

Post a Comment