Misi merupakan pernyataan dari tujuan organisasi yang ingin dicapai.
Perumusan misi memberikan tuntunan bagi orang-orang di dalam organisasi untuk
menjalankan kegiatan di semua bidang dalam organisasi.
Misi harus
dibuat tidak terlalu sempit
Berdasarkan penelitian, organisasi yang memiliki
misi yang jelas mempunyai kinerja keuangan dan organisasi yang lebih baik. Misi
perusahaan industri harus didasarkan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan, bukan
pada sebuah produk. Ada kalanya sebuah produk ketinggalan zaman, namun
kebutuhan pasar berlangsung selamanya. Misi
yang berorientasi pasar mendefinisikan bisnis untuk memuaskan kebutuhan
pelanggan. Misalnya, Nike merumuskan misinya ‘ingin memberikan inspirasi dan
inovasi pada semua atlet di dunia. Dengan perluasan kata atlet yang berarti
semua orang yang mempunyai tubuh adalah atlet, Nike tidak hanya sekedar sepatu
dan pakaian olahraga tetapi Nike telah menawarkan gaya hidup, budaya olahraga,
dan perilaku “just do it”. Melalui misi dan strategi pemasarannya Nike kini
mendapatkan 50% hasil penjualannya dari pasar internasional.
Perusahaan
|
Orientasi
Produk
|
Orientasi
Pasar
|
Studio Universal
|
Kita
membuat film
|
Kita
memasarkan hiburan
|
Revlon
|
Di
pabrik kita membuat kosmetik
|
Di
toko kita menjual harapan
|
Iphone
|
Kita
membuat smartphone
|
Kita
menawarkan komunikasi
|
Lennox
|
Kita
membuat tungku perapian dan AC
|
Kita
menyediakan suasana yang nyaman di rumah
|
Misi juga
harus dibuat secara realistis, tidak terlalu sempit dan luas.
Contoh perumusan
misi yang terlalu luas yaitu misalnya sebuah perusahaan yang memproduksi pensil
menganggap bisnisnya adalah bisnis di bidang peralatan komunikasi. Sedangkan
misi yang relaistis misalnya Garuda
Indonesia membangun misinya untuk menjadi maskapai penerbangan terbaik yang
berorientasi pelanggan sekaligus mampu meningkatkan laba perusahaannya.
Misi harus
spesifik, bukan sebuah retorika ataupun paparan kosong.
Contohnya misi yang
digunakan oleh Facebook yaitu “to give people the power to share and make the world
more open and connected”. Begitu pula misi Coca-Cola yaitu “To refresh the world...To inspire moments of optimism and
happiness...To create value and make a difference.
Misi harus
dapat memotivasi.
Misalnya, Microsoft mempunyai tujuan membantu masyarakat
menyadari potensi mereka dengan misi yaang diusung “ potensi Anda, hasrat kami”
Misi Microsoft |
No comments:
Post a Comment