Wednesday, February 22, 2017

Menetukan Misi Perusahaan yang Berorientasi Pasar


Misi merupakan pernyataan dari tujuan organisasi yang ingin dicapai. Perumusan misi memberikan tuntunan bagi orang-orang di dalam organisasi untuk menjalankan kegiatan di semua bidang dalam organisasi.

Misi harus dibuat tidak terlalu sempit
  Berdasarkan penelitian, organisasi yang memiliki misi yang jelas mempunyai kinerja keuangan dan organisasi yang lebih baik. Misi perusahaan industri harus didasarkan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan, bukan pada sebuah produk. Ada kalanya sebuah produk ketinggalan zaman, namun kebutuhan pasar berlangsung selamanya. Misi  yang berorientasi pasar mendefinisikan bisnis untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Misalnya, Nike merumuskan misinya ‘ingin memberikan inspirasi dan inovasi pada semua atlet di dunia. Dengan perluasan kata atlet yang berarti semua orang yang mempunyai tubuh adalah atlet, Nike tidak hanya sekedar sepatu dan pakaian olahraga tetapi Nike telah menawarkan gaya hidup, budaya olahraga, dan perilaku “just do it”. Melalui misi dan strategi pemasarannya Nike kini mendapatkan 50% hasil penjualannya dari pasar internasional.

Perusahaan
Orientasi Produk
Orientasi Pasar
Studio Universal
Kita membuat film
Kita memasarkan hiburan
Revlon
Di pabrik kita membuat kosmetik
Di toko kita menjual harapan
Iphone
Kita membuat smartphone
Kita menawarkan komunikasi
Lennox
Kita membuat tungku perapian dan AC
Kita menyediakan suasana yang nyaman di rumah

Misi juga harus dibuat secara realistis, tidak terlalu sempit dan luas. 
Contoh perumusan misi yang terlalu luas yaitu misalnya sebuah perusahaan yang memproduksi pensil menganggap bisnisnya adalah bisnis di bidang peralatan komunikasi. Sedangkan misi yang relaistis misalnya Garuda Indonesia membangun misinya untuk menjadi maskapai penerbangan terbaik yang berorientasi pelanggan sekaligus mampu meningkatkan laba perusahaannya. 

Misi harus spesifik, bukan sebuah retorika ataupun paparan kosong
Contohnya misi yang digunakan oleh Facebook yaitu  “to give people the power to share and make the world more open and connected”. Begitu pula misi Coca-Cola yaitu “To refresh the world...To inspire moments of optimism and happiness...To create value and make a difference.

Misi harus dapat memotivasi
Misalnya, Microsoft mempunyai tujuan membantu masyarakat menyadari potensi mereka dengan misi yaang diusung “ potensi Anda, hasrat kami”
Misi Microsoft
**dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment