Pemasaran
ada di mana-mana, baik formal maupun informal yang melibatkan orang per orang
ataupun organisasi. Pemasaran mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Hampir
seluruh aktivitas harian kita saat ini dipengaruhi oleh pemasaran. Mulai dari
bangun tidur, mandi, berangkat berkativitas hingga kembali bersistirahat di
rumah, semua tidak lepas dari kegiatan pemasaran. Kita lihat saja, ketika kita
bangun oleh suara alarm di jam beker merk Alba atau alarm dari handpone Samsung
kita, kemudian bergegas untuk mandi dengan sabun Detol yang di dalam iklannya
dikatakan ’10x lebih baik melindungi kuman’, kemudian menggosok gigi dengan
seperangkat produk milik Pepsodent, mengeringkan badan menggunakan handuk Tery
Palmer, berpakaian untuk pergi ke kampus dengan baju-baju milik Cool Teen dan
Triset, sarapan singkat dengan Energen, lalu berangkat naik sepeda motor Vario.
Di jalan kita melihat banyak banner, rumah makan yang menyediakan menu baru,
jasa laundry,
penerimaan murid baru di sebuah sekolah hingga lowongan pekerjaan di sebuah
perusahaan. Di kampus dosen ita mengenalkan buku baru yang diterbitkan oleh
Prentice Hall sebagai referensi kuliah. Sore hari sepulang dari kampus, sambil
update kegiatan di media sosial kita seperti Facebook, Path, Instagram kita
menonton acara televisi favorit yang sesekali diselingi iklan komersial. Hingga
akhrirnya menjelang tengah malam, kita mengecilkan AC LG kita, mematikan lampu
Philips, dan kemudian beranjak tidur. Hampir
seluruh aktivitas kita diliputi oleh kegiatan pemasaran yang terkadang tidak
kita sadari. Namun semua itu mempunyai tujuan yang sama yaitu menawarkan sebuah
nilai.
Menurut
The American Marketing Association
pemasaran adalah aktivitas, cara-cara organisasi, proses untuk menciptakan,
mengkomunikasikan, menyampaikan, dan memperluas penawaran sesuatu yang bernilai
untuk konsumen, clients, partner, dan masyarakat. Pemasaran merupakan suatu
sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan
keinginan dan jasa yang baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen
potensial. Pemasaran adalah proses bisnis yang dinamis, sebuah program integral
yang menyeluruh, bukan kegiatan tunggal atau gabungan. Pemasaran berhubungan
dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia. Secara umum pemasaran
didefinisikan sebagai aktivitas menawarkan sebuh nilai kepada manusia.
Praktek
pemasaran saat ini telah meningkatkan standar hidup yang tinggi. Negara-negara
mengalami perkembangan ekonomi yang pesat karena berhasil mengembangkkan sistem
distribusi yang efektif dalam mengelola bahan mentah, hasil industri, dan hasil
pertaniannya. Organisasi bisnis maupun non bisnis dalam sebuah negara pun turut
mendukung perkembangan ini. Sinergi semua unsur
inilah yang melahirkan dan membangun pemasaran secara kompleks dan modern.
No comments:
Post a Comment