Monday, February 6, 2017

Apa Itu Pemasaran?


Pemasaran

Pemasaran ada di mana-mana, baik formal maupun informal yang melibatkan orang per orang ataupun organisasi. Pemasaran mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Hampir seluruh aktivitas harian kita saat ini dipengaruhi oleh pemasaran. Mulai dari bangun tidur, mandi, berangkat berkativitas hingga kembali bersistirahat di rumah, semua tidak lepas dari kegiatan pemasaran. Kita lihat saja, ketika kita bangun oleh suara alarm di jam beker merk Alba atau alarm dari handpone Samsung kita, kemudian bergegas untuk mandi dengan sabun Detol yang di dalam iklannya dikatakan ’10x lebih baik melindungi kuman’, kemudian menggosok gigi dengan seperangkat produk milik Pepsodent, mengeringkan badan menggunakan handuk Tery Palmer, berpakaian untuk pergi ke kampus dengan baju-baju milik Cool Teen dan Triset, sarapan singkat dengan Energen, lalu berangkat naik sepeda motor Vario. Di jalan kita melihat banyak banner, rumah makan yang menyediakan menu baru, jasa  laundry, penerimaan murid baru di sebuah sekolah hingga lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan. Di kampus dosen ita mengenalkan buku baru yang diterbitkan oleh Prentice Hall sebagai referensi kuliah. Sore hari sepulang dari kampus, sambil update kegiatan di media sosial kita seperti Facebook, Path, Instagram kita menonton acara televisi favorit yang sesekali diselingi iklan komersial. Hingga akhrirnya menjelang tengah malam, kita mengecilkan AC LG kita, mematikan lampu Philips, dan  kemudian beranjak tidur. Hampir seluruh aktivitas kita diliputi oleh kegiatan pemasaran yang terkadang tidak kita sadari. Namun semua itu mempunyai tujuan yang sama yaitu menawarkan sebuah nilai.
Menurut The American Marketing Association pemasaran adalah aktivitas, cara-cara organisasi, proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan memperluas penawaran sesuatu yang bernilai untuk konsumen, clients, partner, dan masyarakat. Pemasaran merupakan suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa yang baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Pemasaran adalah proses bisnis yang dinamis, sebuah program integral yang menyeluruh, bukan kegiatan tunggal atau gabungan. Pemasaran berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia. Secara umum pemasaran didefinisikan sebagai aktivitas menawarkan sebuh nilai kepada manusia.
Praktek pemasaran saat ini telah meningkatkan standar hidup yang tinggi. Negara-negara mengalami perkembangan ekonomi yang pesat karena berhasil mengembangkkan sistem distribusi yang efektif dalam mengelola bahan mentah, hasil industri, dan hasil pertaniannya. Organisasi bisnis maupun non bisnis dalam sebuah negara pun turut mendukung perkembangan ini. Sinergi semua unsur inilah yang melahirkan dan membangun pemasaran secara kompleks dan modern.

No comments:

Post a Comment