Tuesday, February 7, 2017

Apa yang Dipasarkan??

Ketika kita mendengar kata 'pemasaran', secara tidak langsung kita selalu menghubungkannya dengan sebuah barang. Entah itu makanan, minuman, produk teknologi, baju dan barang-barang konsumsi yang lain. Namun sesungguhnya kegiatan pemasaran tidak hanya terkait dengan barang-barang fisik saja. Ada banyak jenis produk yang terkait dengan kegiatan pemasaran.

Apa saja sebenarnya yang bisa dipasarkan?

Apa yang Dipasarkan?

Barang. Barang-barang fisik memang merupakan bagian terbesar dari produksi. Jadi tak heran ketika kita berbicara pemasaran, yang ada di benak kita adalah barang-barang seperti yang telah disebutkan di atas. Setiap tahun, perusahaan-perusahaan Amerika Serikat memproduksi milyaran produk makanan beku, kemasan, kaleng dan makanan segar. Coca-cola dikonsumsi hampir 1,7 milyar botol per hari oleh seluruh orang di muka bumi. Mc Donald telah mempunyai lebih dari 30 ribu cabang di seluruh dunia. Bahkan produk mi instan dari Indonesia, Indomie telah berhasil menembus pasar di Amerika, Eropa, Asia dan Australia.

Jasa. Produk jasa muncul setelah kegiatan ekonomi berkembang. Saat ini produk jasa sudah banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita, seperti perusahaan penerbangan, hotel, tukang cukur, cuci mobil, laundry, ahli kecanyikan, dan para profesional seperti akuntan, notaris, pengacara, dan konsultan. Terkadang di pasar ditawarkan bukan hanya murni penyediaan jasa tetapi gabungan barang dan jasa, seperti restoran siap saji.

Orang. Pemasaran ini didesain untuk menciptakan keuntungan terhadap seseorang. Tugas pemasar dalam bidang ini yaitu membuat seseorang menjadi figur yang menarik konsumen melalui kekuatan personal yang dimilikinya. Kebanyakan dari mereka menjadikan nama sendiri sebagai merek dagang. Contoh kegiatan pemasaran jenis ini yaitu pemilihan presiden. Contoh lain yang bahkan menjadi bisnis penting saat ini yaitu selebriti, artis, musisi dll.

Tempat. Inti pemasaran ini yaitu mengajak seseorang ke sebuah tempat. Tidak hanya mengajak turis untuk mengunjungi sebuah tempat wisata, namun pihak-pihak lain seperti investor agar membuka usaha di suatu tempat ataupun menarik masyarakat untuk tinggal di suatu wilayah dengan mengembangkan tempat tinggal baru untuk mereka dll. Suatu negara, propinsi dan bahkan kota berlomba-lomba  mengeluarkan banyak dana untuk melakukan pemasaran di bidang ini.

Acara. Pemasaran di bidang ini berusaha mempromosikan acara-acara khusus yang terkait dengan waktu seperti pentas seni, pameran, ulang tahun perusahaan dan acara olaharaga. Piala dunia dan olimpiade adalah contoh-contoh pemasaran ini, yang dalam pelaksanaannya biasanya dilakukan secara agresif.

Gagasan. Banyak sekali kita jumpai aktivitas yang mengkampanyekan sebuah ide atau gagasan. Pemasaran ini dirancang untuk menciptakan dukungan akan suatu ide, isu dll. Contoh yang sering kita dengar yaitu kampanye kesehatan tentang bahaya merokok. Contoh-contoh yang lain yaitu tidak menikah di usia dini, bahaya narkoba, cinta lingkungan dll.

Organisasi. Pemasaran di bidang ini dirancang untuk mengajak orang menjadi partisipan, anggota dan donor. Contoh: PMI, partaai politik.


Informasi. Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai sebuah produk. Contohnya: koran, buku, ensiklopedia, sekolah.


Jenis produk yang dipasarkan tersebut dapat ditawarkan dengan menggabungkan dua jenis  produk atau lebih, misalnya Sturbucks. Sturbucks adalah kedai yang menjual kopi dengan menambahkan pengalaman dalam menikmati secangkir kopi. Kedai kopi sturbucks dibuat sangat baik dengan memperhatikan kenyamanan pengunjung dan atmosfer yang berbeda dengan kedai kopi yang lain. Musik, kursi yang nyaman, aroma, serta desisan uap dari panci pemanas air adalah pengalaman yang ditawarkan Sturbucks selain produk kopi itu sendiri.

No comments:

Post a Comment