Ketika kita mendengar kata 'pemasaran', secara tidak langsung kita
selalu menghubungkannya dengan sebuah barang. Entah itu makanan, minuman,
produk teknologi, baju dan barang-barang konsumsi yang lain. Namun sesungguhnya
kegiatan pemasaran tidak hanya terkait dengan barang-barang fisik saja. Ada
banyak jenis produk yang terkait dengan kegiatan pemasaran.
Apa saja sebenarnya yang bisa dipasarkan?
Apa yang Dipasarkan? |
Barang. Barang-barang fisik memang
merupakan bagian terbesar dari produksi. Jadi tak heran ketika kita berbicara
pemasaran, yang ada di benak kita adalah barang-barang seperti yang telah
disebutkan di atas. Setiap tahun, perusahaan-perusahaan Amerika Serikat
memproduksi milyaran produk makanan beku, kemasan, kaleng dan makanan segar. Coca-cola
dikonsumsi hampir 1,7 milyar botol per hari oleh seluruh orang di muka bumi. Mc
Donald telah mempunyai lebih dari 30 ribu cabang di seluruh dunia. Bahkan
produk mi instan dari Indonesia, Indomie telah berhasil menembus pasar di
Amerika, Eropa, Asia dan Australia.
Jasa. Produk jasa muncul setelah
kegiatan ekonomi berkembang. Saat ini produk jasa sudah banyak kita jumpai di
lingkungan sekitar kita, seperti perusahaan penerbangan, hotel, tukang cukur,
cuci mobil, laundry, ahli kecanyikan, dan para profesional seperti akuntan,
notaris, pengacara, dan konsultan. Terkadang di pasar ditawarkan bukan hanya
murni penyediaan jasa tetapi gabungan barang dan jasa, seperti restoran siap
saji.
Orang. Pemasaran ini didesain untuk
menciptakan keuntungan terhadap seseorang. Tugas pemasar dalam bidang ini yaitu
membuat seseorang menjadi figur yang menarik konsumen melalui kekuatan personal
yang dimilikinya. Kebanyakan dari mereka menjadikan nama sendiri sebagai merek
dagang. Contoh kegiatan pemasaran jenis ini yaitu pemilihan presiden. Contoh lain
yang bahkan menjadi bisnis penting saat ini yaitu selebriti, artis, musisi dll.
Tempat. Inti pemasaran ini yaitu
mengajak seseorang ke sebuah tempat. Tidak hanya mengajak turis untuk mengunjungi
sebuah tempat wisata, namun pihak-pihak lain seperti investor agar membuka
usaha di suatu tempat ataupun menarik masyarakat untuk tinggal di suatu wilayah
dengan mengembangkan tempat tinggal baru untuk mereka dll. Suatu negara,
propinsi dan bahkan kota berlomba-lomba mengeluarkan banyak dana untuk melakukan
pemasaran di bidang ini.
Acara. Pemasaran di bidang ini berusaha
mempromosikan acara-acara khusus yang terkait dengan waktu seperti pentas seni,
pameran, ulang tahun perusahaan dan acara olaharaga. Piala dunia dan olimpiade
adalah contoh-contoh pemasaran ini, yang dalam pelaksanaannya biasanya dilakukan
secara agresif.
Gagasan. Banyak sekali kita jumpai aktivitas yang
mengkampanyekan sebuah ide atau gagasan. Pemasaran ini dirancang untuk
menciptakan dukungan akan suatu ide, isu dll. Contoh yang sering kita dengar
yaitu kampanye kesehatan tentang bahaya merokok. Contoh-contoh yang lain yaitu tidak
menikah di usia dini, bahaya narkoba, cinta lingkungan dll.
Organisasi. Pemasaran di bidang ini dirancang untuk
mengajak orang menjadi partisipan, anggota dan donor. Contoh: PMI, partaai
politik.
Informasi. Informasi dapat diproduksi dan
dipasarkan sebagai sebuah produk. Contohnya: koran, buku, ensiklopedia, sekolah.
Jenis produk yang dipasarkan tersebut dapat ditawarkan dengan
menggabungkan dua jenis produk atau
lebih, misalnya Sturbucks. Sturbucks adalah kedai yang menjual kopi dengan
menambahkan pengalaman dalam menikmati secangkir kopi. Kedai kopi sturbucks
dibuat sangat baik dengan memperhatikan kenyamanan pengunjung dan atmosfer yang
berbeda dengan kedai kopi yang lain. Musik, kursi yang nyaman, aroma, serta
desisan uap dari panci pemanas air adalah pengalaman yang ditawarkan Sturbucks
selain produk kopi itu sendiri.
No comments:
Post a Comment